Membakar senj[A]
Amarah, Cinta, dan Anarki
Pernyataan Solidaritas Bersama Dari Berbagai Kolektif dan Organisasi Anarkis kepada Mario Lopez
Categories: General

2 Juli, 2012

Pada dini hari 27 Juni terjadi sebuah ledakan di jalanan antara Vicente Guerrero dan Londres di area pemukiman Del Carmen yang terletak di Coyoacan. Companero Mario Antonio Lopez Hernandez ditemukan di lokasi dengan mengalami luka bakar di beberapa bagian tubuhnya. Dia kemudian dibawa dengan ambulans, dengan pengawasan dari polisi, menuju rumah sakit Ruben Lanero, di mana tangan dan kakinya dioperasi.

Pada saat itu tidak ada kesempatan bagi keluarganya untuk dapat menjumpai Mario, karena dirinya mesti didampingi seorang pengacara yang tidak dapat dipercaya dalam rangka memberikan kesaksian terkait tuduhan yang didakwakan kepadanya. Sebaliknya, anggota-anggota dari Polisi Judisial dari Distrik Federal menghujaninya dengan pertanyaan demi pertanyaan, memaksa dirinya agar memberikan respon, meskipun saat companero Mario tidak sedang berada dalam kondisi fisik yang memungkinkan untuk memberikan pertanyaan karena masih sedang berada di bawah pengaruh bius, terkait sebuah ledakan yang terjadi beberapa jam sebelumnya di ATM miliki Komisi Listrik Federal.

Nanti satu hari kemudian, dan setelah terjadi tekanan oleh beberapa companero, Mario akhirnya memungkinkan untuk dihubungkan dengan pengacaranya dan keluarganya. Rumah keluarganya digeledah, dan mereka tidak menemukan apapun terkait tuduhan tersebut. Sejak pagi di mana Mario ditemukan cedera, media mainstream mempublikasikan berbagai artikel yang menampilkan sang companero sebagai teroris berbahaya.

Kami mendapatkan informasi bahwa polisi sedang berusaha menghubungkan lebih banyak orang lagi terkait peristiwa itu, secara spesifik dengan Felicity Ryder, yang namanya dimunculkan oleh berbagai media mainstream sebagai orang berikut yang terlibat, bahkan sampai mempublikasikan berita bahwa dia telah berhasil ditahan; meskipun hal ini belum dikonfirmasikan oleh Kantor Pengacara Umum Federal (PGR).

Kami mencela semua iregularitas ini, bukan karena kami mempercayai hukum dan legalitas, yang mana hanya memperkuat sistem predatorik ini, melainkan karena kami percaya adalah sangat penting untuk tidak berdiam diri di depan usaha dari pemerintah Distrik Federal (GDF) dan Polisi Judisial yang mencoba mengarahkan media untuk menentang Mario secara khusus dan gerakan anarkis secara umum.

Adalah sangat jelas bagi kami bahwa pemerintah dari Distrik Federal berkeinginan untuk menggunakan Mario sebagai kambing hitam, menumpuk kasus dengan tujuan untuk menghubungkannya dengan aksi-aksi lain dan menimpakan dakwaan, yang paling terakhir lebih dikenal sebagai “Serang Terhadap Kedamaian Publik”, sebagai mana juga merupakan pertanda dari perburuan para anarkis. PGR telah mempertontonkan dirinya tidak memiliki kemampuan untuk menghentikan ofensifitas dari berbagai kelompok aksi anarkis dan mencoba mengambil jalan singkat melalui kecelakaan yang dialami companero tersebut sebagai bahan percontohan sekaligus mengirimkan pesan ketakutan kepada grup-grup anarkis. Kami juga mengetahui bahwa polisi telah membuat sebuah daftar berisi nama-nama dari companero-companero dan organisasi-organisasi yang mana akan diselidiki mereka.

Kami, anggota dari berbagai organisasi dan kolektif yang berbeda di dalam gerakan anarkis menyatakan:

• Solidaritas penuh kami dengan compenero Mario selama masa sulit ini. Kami memeluknya dan berharap dia dapat sembuh total secepatnya.
• Solidaritas ini di antara anarkis tidak hanya hidup dalam teks; sebagai kami akan mengorganisir berbagai aktifitas untuk mengajak lebih banyak perhatian terkait situasi yang sedang di alami compañero, semisal tuntutannya untuk segera mendapatkan pembebasan.
• Kami meminta pemunculan Felicity Ryder. Di dalam artikel yang dipublikasikan pada 29 Juni oleh koran Excelsior, disebutkan bahwa ia telah ditahan, tanpa pernah dikuatkan atau disangkal oleh PGR.
• Kami menolak dan mencela penuh upaya terang-terangan dari pemerintah Distrik Federal untuk membuat companero sebagai kambing hitam dari kesalahan yang mereka buat.
• Kami menyerukan kepada semua kaum independen, otonomus dan organisasi anti kapitalis untuk berhatiberhati menghadapi usaha-usaha dari GDF yang berusaha untuk menerbitkan sebuah ronde perburuan terhadap para anarkis. Kami yakin bahwa pemerintahan “Kiri” baru ini akan tetap melanjutkan kebijakan persekusi dan litigasi untuk menentang semua bentuk dari ekspresi politik yang tidak sesuai dengan rencana-rencana mereka.
• Bahwa ketimpangan sosial yang memelihara sistem dominasi dan eksploitasi lebih kasar dari protes apapun, dan ini merupakan serangan terhadap hak natural untuk kehidupan yang bermartabat, menghambat kebebasan individu, menggerogoti alam, menindas rakyat, menggusur mereka dan melemparkan mereka ke dalam jumlah yang semakin meningkat dari penghuni penjara dalam masyarakat penjara, yang mana untuk melawannya kami akan terus mengorganisir dan membangun dunia baru, berdasarkan kemerdekaan, saling membantu, solidaritas dan asosiasi bebas.

Kebebasan untuk Mario!
Untuk Anarki!

Cruz Negra Anarquista de México
Federación Anarquista de México-DF-Edo. Mex.
Grupo Anarco Comunista
Colectivo Acción Libertaria
Biblioteca Social Reconstruir
Federación Ecatepec Anarquista
Centro de Información Anarquista
Ediciones Hormiga Libertaria
Espacio anarcofeminista Ni Ama Ni Esclava
Libertas Anticorp
Sin Medios Producciones
Regeneración Radio
Proyecto Rhabdovirus
2HAK Hip Hop Libertario
Escarlata Revoltoza
Centro Social Okupado Casa Naranja

*co-pas dari webblog Negasi*

Leave a Reply